Awal Agustus Nanti, Siapkan Diri Untuk Menyambut Dieng Culture Festival 2016

jelajah dieng

Kawasan pendakian gunung di kawasan Dieng, Jawa Tengah masih menjadi pesona yang menjanjikan. Apalagi Agustus 2016 mendatang akan diselenggarakan Dieng Culture Festival 2016 yang akan memberikan kalian berberbagai pilihan hiburan seperti Jazz Atas Awan, Pesta Lampion, hingga festival budaya Ruwat Rambut Gembel yang salah satu magnet wisatawan asing. Catat tanggalnya dari 5-7 Agustus 2016.

Ritual memotong rambut gimbal anak-anak sekitar Dieng sudah menjadi tradisi turun menurun yang masih dilestarikan. Tradisi tersebut dipercaya akan memberikan panjang umur serta rejeki yang banyak bagi anak-anak mereka. Pada acara puncak, anak-anak rambut gimbal ini akan dikirab oleh warga dari rumah sesepuh hingga pelataran Candi Arjuna. Setelah rambut gimbalnya dipotong, kemudian akan dilarung ke Telaga Warna.

baca juga

5 Tempat Wisata di Dieng, Ide Liburan Bersama Keluarga.

Pesona telaga Merdada

Harga tiket Dieng Culture Festival 2016 berkisar Rp. 250 ribu. Tiket on the spot lebih mahal lagi sekitar Rp. 350 ribu. Tiket tersebut sudah termasuk kembang api, lampion, serta kaus khusus saat Dieng Culture Festival 2016. Selain itu kalian sudah free untuk masuk kawasan Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna selama acara berlangsung.

Candi Ajuna

salah satu komplek candi hindu tertua di pulau jawa yang nama-nama candinya kebayakan seperti tokoh-tokoh  pewayangan yang mempunyai kisah yang sangat di angungkan oleh masarakat sekitar, bagi kalian yang pengen berlibur menikmati alam dan mendapatkan sejarah mari berkunjung ke Dataran tinggi Dieng

Candi Arjuna ini adalah salah satu candi tertua di pulau Jawa. Candi yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng ini merupakan tempat utama ruwatan rambut Gimbal anak-anak sekitar Dataran tinggi Dieng. Di pelataran Candi Arjuna inilah nanti anak-anak akan dipotong rambut gimbalnya saja sebagai salah satu simbol keselamatan bagi anak-anak serta harapan agar anak-anak tersebut menjadi anak yang baik.

Tak hanya Candi Arjuna, kalian juga bisa melihat candi lainnya di kawasan yang sama seperti Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sambdra. Secara keseluruhan terdapat lima buah Candi di area yang sama. Kawasan Candi Arjuna telah dipugar dengan sangat baik sehingga pengunjung yang datang akan merasa nyaman berkunjung ke Candi Arjuna.

Diposkan oleh : wisata dieng admin — dalam kategori : Event.
4 April, 2016 - 2:19 am